Book Review and Quotes: THE FOURTH MONKEY (J.D. Barker) 4MK Thriller, #1



Novel Thriller

Judul buku: The Fourth Monkey (4MK Thriller, #1)
Nama penulis: J.D. Barker⁣
Penerbit: Bhuana Sastra⁣
Tebal: 568 Halaman⁣
Tahun terbit: 2017⁣

Book description:

Tewasnya seorang pria yang tertabrak—entah murni kecelakaan atau sengaja menabrakkan diri—menyisakan tanda tanya besar. Pasalnya, ia membawa sebuah kotak berisi potongan telinga. Disinyalir, ia adalah Pembunuh Empat Monyet, buron polisi selama hampir lima tahun. Dengan dalih filosofi Tiga Monyet Bijak, ia selalu memotong telinga, lidah, dan mencongkel mata korban-korbannya sebelum membunuhnya. Polisi dan detektif pun berusaha menguak kebenarannya lewat barang bukti yang tertinggal, termasuk buku harian tentang masa kecil sang pembunuh.
Sementara itu, di satu tempat entah di mana, seorang gadis sedang berusaha bertahan hidup dengan satu telinga.


Book quote:

"Aku seorang pencuri, pembunuh, penculik. Aku membunuh untuk bersenang-senang. Aku membunuh karena kebutuhan. Aku membunuh karena benci. Aku membunuh hanya demi memuaskan kebutuhan yang cenderung tumbuh di dalam diriku seiring berjalannya waktu. Kebutuhan yang seperti rasa lapar dan hanya bisa dipuaskan dengan meneteskan darah atau jeritan kesakitan."— Pembunuh Empat Monyet (Hlm.28)⁣

Book review:

Ngeri, ketika membayangkan punya tetangga seperti tokoh yang ada dalam cerita ini psikopat dan sakit mental. Apalagi saya baru pertama kali baca buku bergenre thriller. Diajak berkenalan dengan buron polisi lewat buku hariannya. Berhasil membuat saya mengikuti kejadian yang banyak penyiksaan. Memacu adrenalin dengan ekspresi gregetan, meringis, nyilu dan bercampur emosi.⁣
Jalan ceritanya ada dua bagian yaitu bagian alur cerita tentang penyelidikan kasus oleh Detektif Porter dan tentang Emory gadis yang sedang berusaha bertahan hidup dengan satu telinga. Kemudian alur cerita masa lalu terdapat pada buku harian masa kecil P4M yang dibaca oleh Detektif Porter.⁣
Empat monyet bijaksana di buku harian dari siklus kehidupan yang didasari ajaran Confucius mengingatkan saya pada emoticon ini -> 🙉🙈🙊⁣
1. 🙈 Mizaru, tidak melihat yang tidak baik⁣
2. 🙉 Kikazaru, tidak mendengar yang tidak baik⁣
3. 🙊 Iwazaru, tidak berbicara yang tidak baik⁣
4. 🐵 Shizaru, tidak melakukan perbuatan yang tidak baik⁣
Buku harian menjadi bagian yang paling saya suka dari isi cerita The Fourth Monkey ini. Karena mengandung pesan bahwa keluarga adalah salah satu faktor utama yang membentuk karakter seorang anak. Sering sekali anak-anak medengarkan ucapan dan memperhatikan perbuatan orang dewasa kemudian menirukannya.⁣
Saya tidak bisa menebak akhir cerita buku ini, sampai akhirnya penyelidikan ini diberi jawaban langsung oleh P4M.

Saya merasa takjub buku dengan 568 halaman ini ternyata adalah cerita proses penyelidikan oleh Detektif yang dilakukan hanya dengan waktu 3 hari saja. Keren!!! Hingga akhirnya muncul kasus baru yang berlanjut ke The Fifth To Die (4MK Thriller, #2).
Happy reading all:) 

0 Comments