Book Review and Quotes: JANGAN MEMBUAT MASALAH KECIL JADI MASALAH BESAR (Richard Carlson)



Self-Improvement

Judul Buku: Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar (Cara Mudah Mencegah Masalah Kecil Mengganggu Hidup Kita)
Nama Penulis: Richard Carlson
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 234 Halaman
Tahun Terbit: Cetakan ketiga, Juli 2019


Book description:

Banyak hal dalam hidup ini yang sebenarnya hanya masalah kecil, tapi kita memperlakukannya sebagai masalah besar. Sebenarnya, dengan membentuk perspektif baru bahwa masalah-masalah itu memang kecil, kita akan mempunyai lebih banyak waktu untuk memikirkan hal-hal yang benar-benar merupakan masalah besar.

Dengan gaya tulisan yang mudah dipahami, buku ini menyajikan cara-cara membentuk perspektif yang lebih positif tersebut sehingga kita akan belajar untuk berdamai dengan diri sendiri dan lebih peduli. Hidup kita akan lebih terfokus pada masa kini, hubungan kita dengan orang lain akan menjadi lebih baik, dan batin kita akan menjadi lebih tenang.

• Berdamailah dengan ketidaksempurnaan
• Jangan menginterupsi atau memutus kalimat orang lain
• Berbuat baiklah kepada orang lain dan jangan ceritakan hal itu kepada siapa pun
• Jadilah pendengar yang baik
• Jangan lupa, ”hidup bukanlah keadaan gawat darurat”
• Tahan keinginan untuk cepat-cepat melontarkan kritik
• Tetaplah merasa nyaman meskipun tidak mengetahui sesuatu
• Berhentilah menyalahkan orang lain
• Isilah hidup dengan kasih sayang
• Percayailah intuisi kita


Book review: 

Richard Carlson mengajarkan dua kaidah keselarasan yaitu jangan memusingkan hal-hal kecil dan semua masalah cuma masalah kecil. Begitu banyak hal yang kita angggap sebagai "masalah besar" sebenarnya hanyalah "masalah kecil" yang kita ubah sendiri menjadi masalah besar.

Buku ini terdiri dari 100 bab yang masing-masing bab penjelasannya cukup singkat dan diperjelas dengan contoh kasusnya. Ringkas sekali rata-rata dua halaman tiap babnya. Masing-masing bab ada kutipan kalimat dengan font yang lebih besar. Sehingga inti yang disampaikan setiap babnya bisa semakin melekat diingatan.

100 bab tersebut berisi tentang strategi istemewa. Setiap strategi buku ini ditunjukan membuat hidup kita lebih rileks, tenang dan menyenangkan. Strategi agar menjadi orang yang tulus dan baik. Strategi menjadi orang yang lebih sabar dan bersyukur. Terdapat juga teknik mengurangi stres dan kelelahan.

Selesai baca buku ini saya jadi berpikir untuk tidak membuang-buang waktu berharga dengan menyesali hal yang tidak terhindarkan. Kemudian dari buku ini juga saya jadi mendapatkan salah satu cara untuk menjadi orang yang lebih santai dan menyenangkan. Merasa ingin lebih peduli bersimpati kepada orang lain.

Pesan dari buku ini jangan berharap hidup kita bebas dari masalah tapi ubah cara pandang kita dengan membentuk perspektif baru bahwa masalah-masalah itu memang kecil, kita akan mempunyai lebih banyak waktu untuk memikirkan hal-hal yang benar-benar merupakan masalah besar.


Book quotes:

"Tak ada yang lebih membantu memperluas sudut pandang kita selain memperbesar rasa peduli kita kepada orang lain. Peduli berarti bersimpati kepada orang lain." (Hlm. 10)

"Rasa peduli akan memberbesar rasa syukur kita dengan cara melepaskan perhatian dari hal-hal kecil yang biasanya kita perlukan secara serius." (Hlm. 11)

"Kesabaran adalah salah satu sifat istimewa yang merupakan faktor penentu kesuksesan." (Hlm. 29)

"Perbedaan antara orang yang bahagia dan orang yang tidak bahagia adalah pada apa yang mereka perbuat bila mereka sedang berada pada suasana hati yang buruk." (Hlm. 129)

"Bila suasana hati Anda sedang buruk, ketimbang melawannya, lebih baik berusahalah untuk bersikap tenang." (Hlm. 130)

Happy reading all :)

0 Comments