Book Review & Resume Ikigai: Seni Tetap Muda Saat Menua Serta Hal-hal Kecil Menambah Usia dan Kebahagiaan


Hi, reader! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan review singkat dan resume seni tetap muda saat menua serta hal-hal kecil menambah usia dan kebahagiaan dari buku Ikigai.

Berikut ini adalah review singkat buku Ikigai:

    Buku Ikigai adalah tentang rahasia bahagia dan panjang umur orang Jepang. Ketika mendengar kata bahagia, mungkin kamu sudah temukan tentang rahasia hidup bahagia pada buku nonfiksi lainnya karena sudah banyak judul buku yang berkaitan dengan kalimat hidup bahagia. Tentunya orang Jepang juga punya versi bahagia yang berbeda.
    Setelah baca buku Ikigai ini saya lebih tertarik dengan rahasia panjang umur orang Jepang. Karena faktanya orang Jepang terutama di pulau Okinawa terdapat 2.455 orang berusia di atas 100 tahun untuk setiap 100.000 penduduk.
    Lewat buku Ikigai ini, saya jadi tahu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi umur panjang. Mulai dari makanan, cara agar hidup lebih aktif, sampai kebiasaan baik yang bisa kita terapkan meskipun kita bukan orang Jepang dan tidak tinggal di Jepang.
    Di buku Ikagai ini diberitahukan cara agar makan tidak sampai kenyang hanya sampai 80 persen saja (Hara hachi bu) beserta alasannya. Ada informasi makanan sehat dan kaya antioksidan, fakta-fakta kebiasaan baik orang Jepang dan cara bersikap antipenuaan. Kemudian hal-hal yang dapat menyebabkan menua beserta kunci antipenuaan.
    Selain itu, stres yang dituduh sebagai pembunuh umur panjang di buku ini juga dijelaskan mengapa bisa mempunyai efek pada tubuh.
    Buku Ikigai ini mempunyai peta buku, jadi sebelum membuka halaman perbabnya kita bisa tahu apa saja yang akan dibahas secara terperinci.
    Terdapat suatu fakta yang memuat tentang orang Jepang di Okinawa yang menjadi sorotan di buku ini, karena beberapa juara dunia umur panjang yang hidup hingga usia 110 tahun atau lebih ada di Okinawa. Salah satunya adalah tentang diet ajaib Okinawa dan cara bergerak sederhana atau olahraga ringan.
    Dilengkapi dengan hasil wawancara dari masyarakat tertua yang bercerita tentang filosofi hidup mereka, ikigai mereka dan rahasia umur panjang. Yang terangkum menjadi rahasia gaya hidup Ogimi. Beberapa orang dari mereka memberi penjelasan yang informatif dan mudah dipahami tentang sikap optimis, hobi, kebiasaan baik, pola makan, tidur, berolahraga dan tentang memiliki beberapa tujuan penting dalam hidup.
    Agar berbahagia dengan tetap menyibukan diri, di sini dijelaskan cara membantu menemukan alasan hidup yaitu Logoterapi dan cara untuk menggunakan waktu yang kita habiskan untuk kegiatan yang mengalir agar tidak membiarkan diri kita terjebak dalam aktivitas yang menawarkan kesenangan sesaat. Kemudian ditutup dengan bab wabi-sabi.
    Saya rekomendasikan buku Ikigai ini untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengapa pikiran maupun tubuh sama pentingnya dalam menjaga antipenuaan. Kalau kamu mau tahu lebih lengkap sisi lain kehidupan orang Jepang khususnya dari Okinawa bisa coba baca buku ikigai ini.

Judul buku: Ikigai
Nama penulis: Héctor Garcia dan Francesc Miralles
Penerbit: Rene Book
Tebal: 232 Hlm
Tahun terbit: Cetakan 5, Agustus 2020
ISBN: 978-602-1201-80-0
Genre: Self-Improvement

Berikut ini adalah resume dua bab dari buku Ikigai:

    Kata ikigai berasal dari konsep Jepang, yang bisa diterjemahkan kira-kira sebagai "Berbahagia dengan tetap menyibukkan diri".


BAB I: IKIGAI (Seni Tetap Muda Saat Menua)

    Warga Okinawa pada ikigai memberikan rasa memiliki tujuan pada kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini berperan penting dalam aspek kesehatan dan umur panjang.

    Lima zona biru (wilayah geografis tempat orang hidup paling lama) ialah sebagai berikut:
  1. Okinawa, Jepang
  2. Sardinia, Italia
  3. Loma Linda, Kalifornia
  4. Semenanjung Nicoya, Kosta Rika
  5. Ikaria, Yunani
    Menurut para ilmuan yang mempelajari lima zona biru, kunci umur panjang adalah diet, olahraga cukup, menemukan tujuan hidup (ikigai), dan membentuk ikatan sosial yang kuat— yaitu dengan memiliki lingkaran teman dan hubungan kekeluargaan yang luas.
    Mereka tidak melakukan olahraga berat, tetapi mereka bergerak setiap hari, berjalan dan bekerja di kebun sayuran mereka. Orang-orang di zona biru lebih suka berjalan dari pada berkendara.

Rahasia 80%
    Salah satu ucapan paling umum di jepang adalah "Hara hachi bu", yang diulang sebelum atau sesudah makan dan berarti "isi perut Anda sampai 80%" kearifan kuno mereka menyarankan agar tidak makan sampai kenyang. Makan berlebih dapat meletihkan tubuh karena adanya proses pencernaan panjang yang mempercepat oksidasi sel. Cara makanan disajikan juga penting. Dengan menyajikan makanan di banyak pring kecil, orang Jepang cenderung makan lebih sedikit.

Moai: terhubung seumur hidup
    Moai adalah sebuah kelompok informal beranggotakan orang-orang yang memiliki kepentingan bersama yang saling menjaga satu sama lain. Anggota moai menetapkan adanya kontribusi bulanan bagi kelompok. Iuran rutin ini memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam pertemuan terjadwal, makan malam, bermain catur jepang atau hobi yang mereka miliki bersama.


BAB II: RAHASIA ANTI-PENUAAN (Hal-hal Kecil Menambah Usia dan Kebahagiaan)

Pikiran Aktif, Tubuh Awet Muda
    Mens sana in corpre sano (dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat), bahwa baik pikiran maupun tubuh sama penting dan bahwa kesehatan seseorang terhubung dengan orang lain. Memiliki pikiran muda juga mendorong zanda menuju gaya hidup sehat yang akan memperlambat proses penuaan.
    Sama seperti kurangnya latihan fisik yang berdampak negatif pada tubuh dan suasana hati, kurangnya latihan mental juga buruk bagi kita karena hal itu menyebabkan neuron dan koneksi saraf kita memburuk. Alhasil, kemampuan kita untuk bereaksi terhadap lingkungan sekitar berkurang. Inilah alasan mengapa sangat penting untuk memberi otak Anda latihan.
    Saat dihadapkan dengan informasi baru, otak akan menciptakan koneksi baru dan akan terevitalisasi. Nilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengekspos diri Anda pada perubahan, meskipun melangkah keluar dari zona nyaman itu pasti akan menyebabkan Anda merasa sedikit cemas.
    Neuron kita mulai menua saat kita berusia dua puluhan. Proses ini bisa diperlambat dengan aktivitas intelektual, keingintahuan, dan keinginan untuk selajar. Berhadapan dengan situasi baru, belajar atau yang baru setiap hari, bermain game, ataupun berinteraksi dengan orang lain merupakan strategi antipenuaan yang penting bagi pikiran. Lebih jauh lagi, pandangan yang lebih positif akan memberikan keuntungan mental yang lebih besar.

"Stres" Dituduh Sebagai Pembunuh Umur Panjang
    Banyak orang tampak lebih tua dari usia mereka. Penelitian berkaitan dengan penyebab penuaan dini menunjukkan bahwa stres memiliki banyak andil terhadap penuaan karena tubuh lebih cepat letih selama periode krisis. American Institute of Stress menyelidiki proses degeneratif ini dan menyimpulkan bahwa sebagian besar masalah kesehatan disebabkan oleh stres.
    Para peneliti menemukan bahwa stres mendorong penuaan sel dengan melemahkan struktur sel telomer, yang memengaruhi regenerasi sel dan cara sel menua. Studi ini berkesimpulan semakin besar stres, semakin besar efek degeneratifnya pada sel.

Bagaiman Stres Bekerja?
    Dewasa ini, orang hidup dengan kecepatan yang menimbulkan kepanikan dan persaingan yang hampir konstan. Dalam situasi ini, stres merupakan respon alami terhadap informasi yang dibaca secara tubuh sebagai potensi adanya bahaya atau masalah.
    Alarm yang berbunyi di kepala kita akan membuat neuron dapat mengaktifkan pituitari yang memproduksi hormon yang melepaskan kortikotropin. Kemudian, pada gilirannya bersirkulasi ke seluruh tubuh melalui sistem saraf simpatik. Kelenjar adrenal ini kemudian dipicu untuk melepaskan adrenalin dan kortisol. Adrenalin meningkatkan laju pernapasan dan denyut nadi dan mempersiapkan otot kita untuk beraksi sehingga tubuh siap bereaksi terhadap bahaya. Sementara itu, kortisol meningkatkan pelepasan dopamin dan glukosa darah yang membuat kita siap menghadapi tantangan.
    Stres memiliki efek degeneratif dari waktu ke waktu. Keadaan darurat yang berkelanjutan akan memengaruhi neuron yang terkait dengan ingatan, sekaligus menghambat pelepasan hormon tertentu yang dapat menyebabkan depresi. Efek sekundernya adalah iritabilitas, insomnia, kegelisahan, dan tekanan darah tinggi.

Berhati-hatilah Dalam Mengurangi Stres
    Entah nyata atau tidak ancaman yang kita rasakan, stres adalah suatu hal yang mudah dikenali. Karena tidak hanya menyebabkan kecemasan, tetapi juga sangat psikosomatik, mempengaruhi segala sesuatu mulai dari sistem pencernaan hingga kulit kita.
    Inilah sebabnya pencegahan penting untuk menghindari dampak yang ditimbulkan stres dan inilah alasan banyak ahli merekomendasikan praktik mindfulness (harfiah: perhatian penuh) dicapai melalui latihan pernapasan, yoga, dan pemindaian tubuh menggunakan pikiran.

Banyak Duduk Membuat Anda Menua
    Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk, ditempat kerja ataupun di rumah tidak hanya mengurangi kebugaran otot dan pernafasan, tetapi juga meningkatkan nafsu makan dan membatasi keinginan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Menjadi tidak aktif dapat menyebabkan hipertensi, makan tak seimbang, penyakit kardiovaskular, osteoporosis, dan bahkan beberapa jenis kanker. Penelitian terbaru menunjukkan adanya hubungan antara kurangnya aktivitas fisik dan distorsi telomere progresif dalam sistem kekebalan tubuh yang menuakan sel-sel tersebut sehingga pada gilirannya menuakan organisme secara keseluruhan. Kondisi ini menjadi masalah pada semua tahap kehidupan, tidak hanya di kalangan orang dewasa. Anak-anak yang tidak aktif akan menderita tingkat obesitas yang tinggi dsn menanggung semua masalah serta resiko kesehatan terkait. Itulah mengapa sangat penting mengembangkan gaya hidup sehat dan aktif sejak usia dini.

Rahasia Terbaik Para Model
    Tidur merupakan kunci antipenuaan karena saat tidur kita menghasilkan melantonin, hormon yang terjadi secara alami di tubuh. Kelenjar pineal menghasilkan melantonin dari serotonin neurotransmitter yang tergantung pada irama diurnal dan nokturnal kita, dan hal ini yang berperan dalam siklus tidur dan bangun kita.
Melatonin, sebuah antioksidan yang kuat, membantu kita hidup lebih lama dan menawarkan keuntungan memperkuat sistem kekebalan tubuh, berisi unsur yang melindungi diri dari kanker, mempromosikan produksi alami insulin, memperlambat timbulnya penyakit Alzheimer, membantu mencegah osteoporosis dan melawan penyakit jantung.
    Produksi melatonin menurun setelah usia tiga puluh tahun. Namun, kita bisa mengompensasi hal ini dengan cara mengonsumsi makanan yang seimbang dan menyerap lebih banyak kalsium, menjemur diri di bawah matahari secukupnya setiap hari, tiidur nyenyak yang cukup, menghindari stres, alkohol, tembakau, kafein, dan lain-lain, yang membuat kita lebih sulit mendapatkan istirahat malam yang nyenyak sehingga mengurangi melatonin yang kita butuhkan.

Sikap Antipenuaan
    Sikap tenang—ketenangan dalam menghadapi kemunduran—juga dapat membantu Anda tetap muda. Sikap tenang dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres, serta menstabilkan perilaku. Hal ini dapat dilihat dari harapan hidup yang lebih besarpada budaya tertentu dan memiliki gaya hidup yang tidak terburu-buru.


Yap, hanya sampai di sini review singkat dan resume dua bab dari buku Ikigai. 
Semoga resume ini bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya.

Thank you so much for visiting my blog, for taking the time to look around and read more just one post. I hope you come visit again soon!
Keep believe an amazing process, ya :)
-Desti


0 Comments