Book Review and Quotes: ATOMIC HABITS (James Clear)



Self Improvement

Judul buku: Atomic Habits
Nama penulis: James Clear
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 340 Halaman
Tahun terbit: 2019


Book description:

Orang mengira ketika Anda ingin mengubah hidup, Anda perlu memikirkan hal-hal besar. Namun pakar kebiasaan terkenal kelas dunia James Clear telah menemukan sebuah cara lain. la tahu bahwa perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil-dari mengerjakan dua push-up sehari, bangun lima menit lebih awal, sampai menahan sebentar hasrat untuk menelepon.

la menyebut semua tadi atomic habits.

Dalam buku terobosan ini, Clear pada hakikatnya mengungkapkan bagaimana perubahan-perubahan sangat remeh ini dapat tumbuh menjadi hasil-hasil yang sangat mengubah hidup. la menyingkap beberapa trik sederhana dalam hidup kita (seni Menumpuk Kebiasaan yang terlupakan, kekuatan tak terduga Aturan Dua Menit, atau trik untuk masuk ke dalam Zona Goldilocks), dan menggali ke dalam teori psikologi dan neurosains paling baru untuk menerangkan mengapa semua itu penting. Dalam rangka itu, ia menceritakan kisah-kisah inspiratif para peraih medali emas Olimpiade, para CEO terkemuka, dan ilmuwan-ilmuwan istimewa yang telah menggunakan sains tentang kebiasaan-kebiasaan kecil untuk tetap produktif, tetap termotivasi, dan bahagia.

Perubahan-perubahan kecil ini akan mendatangkan pengaruh revolusioner pada karier Anda, hubungan pribadi Anda, dan hidup Anda.




Book review:

Semua hal besar berasal dari awal yang kecil. Sistem yang disebut Atomic Habits adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar.
Atomic Habits menuntun setiap orang yang ingin berubah untuk dua hal, yaitu menciptakan kebiasaan baik dan menghentikan kebiasaan buruk. Kerena kebiasaan adalah hal penting yang dapat mengubah keyakinan tentang diri sendiri.

Atomic Habits juga memberikan solusi untuk menghadapi tantangan terbesar kita dalam mengubah kebiasaan dengan memberikan petunjuk untuk mempertahankan kesadaraan tentang apa yang sesungguhnya sedang kita lakukan. Karena menurut Atomic Habits setiap tindakan menjadi petunjuk yang memicu prilaku berikutnya.

Di buku Atomic Habits ini banyak cara bila ingin menjadikan sesuatu kebiasaan penting dalam hidup kita dan menjadikanya kebiasaan yang mudah. Kemudian memberikan cara paling praktis untuk menghilangkan kebiasaan buruk.

Hal uniknya adalah karena Atomic Habits menerapkan perubahan yang dimulai dari hal kecil maka kebiasaan tersebut dapat diubah menjadi versi dua menit.

Buat kalian yang suka membuat daily planner atau bullet journaling didukung banget sama si Atomic Habits ini karena hal tersebut merupakan salah satu cara sederhana sebagai pemantau kebiasaan. Bahkan seandainya kalian bukan tipe orang yang gemar mencatat prilaku sendiri hal ini akan menjadi menyenangkan untuk dapat melihat bagaimana sesungguhnya kalian telah menghabiskan waktu.

Ayo mulai kebiasaan baik dan menghentikan kebiasaan buruk. Dengan syarat kebiasaan harus ada dulu sebelum bisa disempurnakan.


Book quotes:

"Kita tidak berubah dalam sekejap mata dan langsung menjadi orang yang sama sekali baru. Kita berubah sedikit demi sedikit, hari demi hari, kebiasaan demi kebiasaan. Kita terus-menerus mengalami evolusi mikro diri." (Hlm. 45)

"Salah satu cara terbaik untuk membangun kebiasaan baru adalah dengan mengidentifikasi kebiasaan yang sudah ada setiap hari lalu memupuknya dengan kebiasaan baru Anda." (Hlm. 785)

"Semakin Anda menguasai suatu keterampilan khusus, semakin sulit bagi orang lain untuk bersaing dengan Anda." (Hlm. 258)

"Makin baik kita memahami sifat dasar kita, makin baik strategi yang dapat kita jalankan." (Hlm. 259)

"Bekerjakeraslah pada hal-hal yang ternyata mudah." (Hlm. 260)

"Ancaman terbesar atas kesuksesan bukanlah kegagalan melainkan rasa bosan. Kita menjadi bosan dengan kebiasaan ketika kebiasaan itu tak lagi membuat kita bersemangat." (Hlm. 267)

"Satu-satunya cara untuk menjadi hebat adalah terus bersemangat ketika mengerjakan hal yang sama berulang-ulang. Anda harus jatuh cinta pada kebosanan." (Hlm. 270)

"Kebiasaan buruk berulang lagi dan bukan karena Anda tidak ingin berubah, melainkan karena Anda memiliki sistem yang keliru untuk mendapatkan perubahan." (Hlm. 289)

"Anda mungkin mendapati bahwa sebuah kebiasaan akan terlalu sulit dan Anda perlu menjadikannya mudah. Dan ada kalanya, Anda merasa tidak ingin mempertahankannya, jadi Anda akan perlu menjadikannya memuaskan." (Hal.289)


Happy reading All :)

0 Comments