5 Rekomendasi Podcast Untuk Para Pembaca Buku


Hi, reader! Pada kesempatan kali ini saya akan merekomendasikan 5 podcast untuk para pembaca buku.

Podcast dalam bahasa Indonesia disebut siniar serangkaian berkas media digital (baik audio maupun video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui sindikasi web. Kata ‘podcast’ mengalahkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan umpan web (web feed). Selengkapnya tentang Siniar bisa dibaca dengan cara klik di sini Wikipedia Siniar Bentuk Media Digital.

Podcast menjadi salah satu media digital bermanfaat yang bisa kita dengarkan kapan pun dan di mana pun lewat aplikasi salah satunya adalah Spotify. Menyajikan banyak kategori, di antaranya adalah seputar Educational, Music, Sport, Society & Culture, Businnes & Technology, Lifestyle & Health, dan lain-lain.

Saya sebagai orang yang gemar membaca buku, proses membaca tidak selalu mulus, pasti ada kendala yang kerap kali terjadi. Seperti yang mungkin juga sering kalian alami, di antaranya adalah ketika terkena Reading Slump dan kegalauan ketika ingin membeli sebuah buku. 

Saat Reading Slump melanda, suatu keadaan yang membuat saya tidak bisa menikmati suatu cerita yang terdapat pada buku bahkan tidak tertarik untuk membacanya dan kehilangan mood pada saat tertentu, saya sering bingung harus malakukan apa agar bisa kembali membaca buku.

Saat ingin membeli sebuah buku, saya juga sering ragu untuk membelinya. Terkadang takut membelinya hanya karena tertarik ketika melihat bagian judul atau sampulnya saja. Terkadang juga dibuat penasaran dengan isi pembahasannya yang tidak bisa sekilas dilihat langsung pada saat ingin membelinya di toko buku online. Untuk kedua hal tersebut saya merasa tidak cukup jika hanya membaca dari blurb bukunya saja dan kedua hal tersebut juga sebenarnya bisa saya atasi dengan melihat ulasan dari akun teman-teman Bookstagram ataupun Goodreads.

Namun saya menemukan cara lain untuk mengatasi Reading Slump dan kegalauan ketika ingin membeli sebuah buku selain membaca ulasan dari akun teman-teman bookstagram ataupun Goodreads, yaitu dengan cara mendengarkan podcast yang berkaitan dengan buku.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi podcast untuk para pembaca buku:

1. Podcast Buku Kutu

Podcast Buku Kutu adalah podcast yang berisi review buku dari genre apapun, yang pastinya menarik untuk dibaca dan diperbincangkan di dunia buku.

Mendengarkan podcast Buku Kutu bisa membantu saya dalam  menghilangkan keraguan ketika ingin membeli sebuah buku dan mengurangi sedikit rasa penasaran saya terhadap isi pembahasan suatu buku atau alur cerita pada sebuah novel yang saya rasa tidak cukup jika hanya membaca dari blurb bukunya saja.

Buku Kutu ini juga ada edisi Baca Sama-sama, kerjasama dengan penerbit Gramedia Pustakan Utama dan Gramedia Digital. Selain podcast Buku Kutu juga ada empat podcast lain yang berkolaborasi juga untuk berbagi rekomendasi buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, yaitu podcast Main Mata, Kepo Buku, Mari Pada Baca dan Sahabat Buku. Yang menurut mereka buku-buku tersebut seru banget untuk dibaca dan mendapatkan bukunya juga gampang.

Buku Kutu memposting siniarnya sejak 31-Desember-2018, periode Januari 2021 sudah ada 138 episode. Buku Kutu ini adalah bagian dari jaringan Podluck podcast, yang menjadi host adalah kak Aditya Hadi. Tenang saja, kak Aditya Hadi ini saat review buku tidak pernah spoiler, kok. Terkadang kak Aditya Hadi tidak sendirian karena dia juga mengundang penulis, bookstagrammer, dan ada juga bersama para podcaster tanah air.


2. Main Mata

Main Mata adalah podcast yang membahas buku tentang beragam bentuk cerita, mulai adaptasi cerita menjadi cerpen audio, rekomendasi buku, sampai obrolan dengan para penulis dan pembaca dari berbagai profesi.

Podcast Main Mata adalah bagian dari jaringan Podluck podcast, yang menjadi host adalah adalah kak Patricia Wulandari. Main Mata memposting siniarnya sejak 10-April-2018. Periode Januari 2021 sudah ada 150 episode.

Mendengarkan podcast Main Mata saya sangat menikmati Cerpen Audio suara kak Patricia yang membacakan penggalan-penggalan isi buku. Jadi, saya tetap bisa mengetahui sedikit dari isi buku tersebut meskipun saya tidak membacanya, saya tinggal mendengarkannya saya lewat podcast ini. Selain itu, di segmen Orang Dalam saya juga mendapatakan tips dan cerita-cerita dari para penulis seputar pengalaman mereka menulis juga buku mereka yang akan segera terbit. 




3. Mari Pada Baca

Podcast Mari Pada Baca adalah kumpulan orang-orang yang mencoba menciptakan medium untuk mendengarkan buku. Kalau menurutku kumpulan orang-orang karena podcast ini ramai banget, yang menjadi host adalah kak Gondes, kak Ilham, dan kak Rega. Mereka suka melempar jokes yang membuat pendengarnya ikut tertawa. Saya sebagai pendengar juga jadi merasa tidak membosankan dan merasa terhibur. 

Podcast Mari Pada Baca memposting siniarnya sejak 2-Mei-2019, periode Januari 2021 sudah ada 68 episode. Podcast Mari Pada Baca ini lebih sering membahas review buku lewat obrolan dan mengundang para pendengar di segman Rekaman Bareng Pendengar.



4. So Mad About Life

So Mad About Life adalah podcast mostly talk about life yang membahas masalah keseharian kita, tentang masalah yang membuat kita merasa muak banget sama hidup. Makanya judulnya So Mad About Life. Tapi tidak membuat kita yang mendengarkannya menjadi tambah muak sama hidup kita, karena katanya podcast ini ingin memberikan para pendengarnya enlightenment. 

Host podcast So Mad About Life adalah kak Alvi Syahrin dan kak Ardhi Mohamad. Saya merekomendasikan podcast ini kepada para pembaca buku, karena seperti yang kita ketahui mereka adalah seorang penulis buku Self-improvement. Podcastnya juga membahas bagian-bagian dari judul buku yang sudah mereka tulis. So Mad About Life memposting siniarnya sejak 13-April-2019, periode Januari 2021 sudah ada 22 episode.

Basicly temanya tentang seputar psikologi yang sering terdengar sangat religius menyampaikan dengan ilmu dan informasi yang mereka punya. Seperti di antaranya tentang cara mencintai diri sendiri, cara melawan insecurity, introvert vs extrovert, kesehatan mental, dan topik lainnya  yang dibahas oleh host dengan mengobrol secara sesepontan mungkin.




5. Podca

Podca adalah podcast yang digagas oleh komunitas Kumpulbaca. Podca mengundang teman baca untuk berbagi pengalaman dari buku yang mereka baca. Selain itu Podca juga mengundang tokoh yang erat dengan dunia literasi. Komunitas Kumpulbaca ini mengajak kita untuk tetap semangat membaca dengan hastag #SejamMembaca.

Podca memposting siniarnya sejak 14-Februari-2020, periode Januari 2021 sudah ada 14 episode. Tema yang dijadikan pembahasan tidak hanya menyajikan pengalaman membaca dari teman baca, tetapi juga diskusi yang berujung pada pemberian rekomendasi buku bacaan. Kemudian juga menyampaikan informasi tentang suatu cara, seperti cara memperpanjang usia buku, merawat buku, mengatasi reading slump, bookshaming, dll.

Saya suka sekali waktu mendengarkan podcast podca yang membahas tentang Buku Teraneh yang Paling Berkesan dalam Hidup. Terasa relate banget dalam perjalanan membaca saya. Yang menjadi host Podca tidak hanya kak Hadissa selaku foundernya, tetapi juga ada kak Ayu, kak Reza, kak Surur, dan yang lainnya saling bergantian di setiap episodenya. 


Saya juga pernah diundang untuk mengisi podcast, yaitu Podcast Podca. Apakah kamu tertarik untuk mendengarkannya? Jika kamu tertarik klik di sini untuk mendengarkan Memperpanjang Usia Buku.

Kalau kamu suka mendengarkan podcast juga atau tidak? Apa nama podcast tentang buku yang sering kamu dengarkan? Boleh banget rekomendasikan podcast tersebut untuk saya di kolom komentar ini.

Dengan mendengarkan 5 rekomendasi podcast di atas semoga bisa membantu kamu dalam memilih buku bacaan dan semoga bisa membantu kamu keluar dari zona reading slump. 

Tetap semangat untuk ikut menularkan semangat membaca kepada yang lainnya, ya!

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.
Sampai jumpa lagi di rekomendasi lainnya.
—Desti

8 Comments

  1. Halo kak Desti. Ini kunjungan pertamaku ke blog kak Desti. Menarik sekali akhirnya aku mendapat referensi baru soal podcast yang berkaitan dengan buku. Aku baru mendengar podcast "Podca", terima kasih untuk sharing infor podcastnya kak Desti. Aku sendiri pernah mengirimkan tulisan serupa mengenai rekomendasi podcast di blog Reka :D, jika ada waktu senggang bisa berkunjung langsung ke blog-ku :D

    Salam kenal kak Desti!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo reka, Waah... Terima kasih sudah mendengarkan podcastnya. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini. Baiklah, aku segera berkunjung ke blog Haloreka.

      Salam kenal juga, ya :)

      Delete
  2. Wah, baru tahu nih kalau ada private yang bahas tentang buku juga. Aku soalnya cuma mendengarkan punya kak Atria saja yang tentang journaling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia... sama, aku juga suka dengarkan punya kak Atria.

      Delete
  3. Halo desti. Terimakasih list-nya. Jadi makin tertarik untuk dengarin podcast yg ngebahas ttg buku. Sudah gak bingung lagi harus mulai dari mana. Yg no. 4 lumayan menantang ya haha. Oya, penasaran juga sama podcast Podca yg ada Desti nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Rizki. Terima kasih juga sudah berkunjung. Selamat mendengarkan, semoga bermanfaat ya rekomendasinya :)

      Delete
  4. Selain di Spotify, semua podcast di atas bisa didengarkan di mana, Kak? Memori HP-ku masih penuh, belum bisa instal Spotify lagi 🤧

    ReplyDelete