Ada beberapa hal yang perlu diingat dari buku: THE ALPHA GIRL'S GUIDE (Henry Manampiring)




Self Improvement


Judul buku: The Alpha Girl's Guide
Nama penulis: Henry Manampiring
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 260 Halaman
Terbit: Cetakan ketiga, 2020 (Edisi Baru)

•Menjadi cewek smart, independen, dan anti-galau•


Book description:


Alpha Female adalah para perempuan yang menginspirasi, memimpin, menggerakkan orang sekitarnya, dan membawa perubahan. Mereka cerdas, percaya diri, dan independen. Bagaimana remaja dan perempuan muda bisa mengembangkan diri menjadi mereka?

The Alpha Girl’s Guide akan membahas tips-tipsnya, seperti:
- Mana yang lebih penting, nilai atau pengalaman berorganisasi?
- Apakah teman kamu teman sejati atau teman yang menghambat?
- Bagaimana mengetahui cowok parasit dan manipulatif?
- Bagaimana bersikap saat patah hati?
- Apakah kamu akan menikah untuk alasan yang tepat?
- Apa yang penting dilakukan saat memulai bekerja?

Buku ini adalah hasil pengamatan, riset artikel, wawancara langsung, dan diskusi dengan banyak perempuan di media sosial Ask.fm. Ditulis dengan ringan, penuh ilustrasi kocak, tetapi tetap blak-blakan menohok, The Alpha Girl’s Guide akan membuat kamu terinspirasi menjadi cewek smart, independen dan bebas galau!

The Alpha Girl’s Guide juga berisi wawancara inspiratif dengan dua Alpha Female Indonesia dari dua generasi: Najwa Shihab dan Alanda Kariza.


Book review:


Buku ini terdiri dari 9 bab. Dimulai dari pengertian apa itu Alpha Female, Meet The Alpha Female, Your Alpha Future, sampai dengan Alpha yang terbagi menjadi berbagai kategori, sesuai dengan berbagai aspek hidup yang sedang pembaca jalani.

Kategori tersebut adalah:
The Alpha Student, The Alpha Friend, The Alpha Lover, The Alpha Worker, The Alpha Look dan The Alpha Care.

Penulis yang akrab dipanggil Om Piring ini mencetuskan ide membuat buku ini berawal dari sebuah pertanyaan yang muncul melalui media sosialnya Ask.fm, mendapatkan sebuah pertanyaan seperti ini:
"Cewek itu harus berpendidikan tinggi nggak, sih? Ujung-ujungnya di dapur juga. Kasih alasan kuat, dong, kenapa cewek harus berpendidikan tinggi?!" (Hlm. 23)
Kemudian membukukan jawabannya agar mudah dibaca kembali.

Buku ini disampaikan dengan bahasa yang ringan, ada beberapa ilustrasi lucu yang jleb banget. Berisi tip dan saran untuk remaja dan perempuan muda agar bisa mengembangkan diri dan mangikuti jejak Alpha Female yaitu para perempuan yang menginspirasi, memimpin, menggerakan orang sekitarnya dan membawa perubaham. Memberi pemahaman tentang bagaimana menjadi perempuan yang cerdas, mandiri dan ispiratif.

Ternyata banyak banget hal yang sebenarnya remaja dan perempuan muda bisa dengan mudah ikuti tip-tipnya, seperti say no to gossip, tidak mem-bully, tidak boleh takut bertanya, berani mengakui kesalahan, mulai menjaga penampilan sampai kesehatan.

Sebagian besar pembahasannya adalah attitude dan percintaan, buku ini juga memberitahukan sebetulnya ada yang perlu wanita perhatikan selain masalah tidak terlahir cantik secara fisik, yaitu tampil menarik.



Book quotes: Alpha Sister says .....


"Pendidikan yang baik itu akan memberi efek domino positif ke banyak aspek kehidupan lain. Dengan berpendidikan yang baik, kamu bisa punya akses ke pekerjaan yang layak, punya kesadaran hukum, kesadaran hidup, keinginan berpartisipasi politi, dan usaha memeberdayakan orang sekitar." —Naqia (Hlm. 30)

"Salah satu hal yang paling mewah yang bisa kamu miliki dalam hidup ini adalah keberanian bermimpi, dan itu gratis." —Ika Natassa (Hlm. 48)

"Banyak yang bisa dipelajari dari kegiatan organisasi di sekolah: disiplin, manajemen waktu, kerja sama tim. Hal-hal ini terpakai banget di pekerjaan. Misalnya, menghadapi orang lain, belajar tidak egois, mengambil keputusan bersama. Dipekerjaan juga ada atasan dan bawahan, kita jadi belajar berorganisasi bagaimana beehadapan dengan mereka." —Karin (Hlm. 53)

"Don't be afraid of losing people, be afraid of losing yourself (while) trying not to lose someone else." —Cinta Nayuma (Hlm. 70)

"Hidup terlalu remeh hanya untuk memikirkan cinta terhadap pacar. Bertemanlah sebanyak-banyaknya. Cintai dan kenali dirimu sendiri dulu, lakukan hobi positif apa pun yang bisa menambah skill kamu. Percaya, deh, kamu nggak menyesal jika sudah memaksimalkan kemampuan." —Perdania (Hlm. 82)

"A person can leave you tomorrow but what you build for yourself is forever." —Anastasia Margaretha Eka Putri (Hlm. 121)

"Jangan malas untuk merawat diri karena mereka yang terlihat pantas dan enak dilihat pada akhirnya akan mendapat apresiasi dan respek lebih di pekerjaan." —Sani (Hlm. 212)


Beberapa hal yang perlu diingat:


■ Alpha female bukan status yang bisa diklaim sendiri. Kamu tidak bisa secara sepihak mengklaim, "Eh, saya kayaknya Alpha Female, deh." Ingat, bahwa status Alpha adalah status di dalam sebuah kelompok. Dan artinya, status ini bergantung pada pengakuan oleh anggota kelompom lain. (Hlm. 15)

■ Alpha Female sudah pasti Miss Independent. Miss Independent belum tentu Alpha Female. (Hlm. 16)

■ Alpha Girl tidak melihat sekolah dan pendidikan hanya sebagai bagian sebuah fase hidup, atau kewajiban yang diperintahkan orangtua. Alpha Girl melihat pendidikan sebagai bekal untuk kelak bisa mandiri di dalam situasi apa pun. Pendidikan bisa membuka pintu untuk bekerja dan mandiri secara finansial, yang artinya menjadi opsi. Seorang perempuan boleh saja untuk memilih tidak bekerja, tetapi minimal dengan bekal pendidikan akademis yang baik, dia memiliki opsi untuk bekerja dan mandiri kalau situasi memerlukan. (Hlm. 29)

■ Ibu yang berpendidikan dan cerdas juga menjadi ibu yang cerdas bagi anak-anaknya. Jangan lupa anak-anak belajar tidak hanya dari bangku sekolah, tetapi juga dari orangtua mereka. Tidaklah menyenangkan jika ibu bisa menjadi teman belajar, bahkan guru yang baik untuk anak-anaknya? Dan ibu yang bersekolah dengan baik setinggi-tingginya sesuai kemampuan dia bisa menjadi teladan bagi anak-anaknya. Dengan kata lain, ibu yang cerdas membantu anak-anaknya menjadi cerdas juga kelak. (Hlm. 30)

■ Mengapa nilai akademis masih menjadi pertimbangan utama? Karena nilai akademis dianggap sebagai indikator akan keseriusan sesesorang saat belajar dan juga tingkat kecerdasannya. (Hlm. 49)

■ "Great minds discuss ideas. Average minds discuss evets. Small mimds discuss people." —Henry Thomas Buckle
Jiwa besar membicrakan ide-ide. Jiwa biasa-biasa saja membicarakan peristiwa. Jiwa kerdil membicarakan orang lain. Intinya, saat Alpha Girl asyik mengobrol dengan teman-temannya, ia akan lebih banyak membicarakan topik yang bersifat menambah pengetahuan atau wawasan daripada sekadar membicarakan kehidupan orang lain." (Hlm. 64)

■ Pertemanan sejati menerima diri kita apa adanya. Dan Alpha Girl tidak akan membuang waktu untuk pertemanan yang memaksa dirinya menjadi orang lain. (Hlm. 72)

■Alasan seorang Alpha Female menjalin relationship karena merasa bertemu orang yang tepat, bukan demi status. (Hlm. 76)

■ Alpha Girl tidak boleh takut bertanya. Penyebab utama takut bertanya yang paling umum adalah takut terlihat bodoh. Ini adalah kesalahan fatal. Jika kita bertanya, kita mungkin terlihat bodoh selama 5 menit. Jika kita tidak pernah bertanya, kita bodoh selamanya. (Hlm. 168)

■ Selain mendengarkan, skill lain yang dikuasai Alpha Girl adalah mencatat dengan baik.
Tambahan yang menarik, mencatat dengan cara menulis tangan ternyata melibatkan fungsi otak yang berbeda dari mencatat dengan mengetik (misalnya dengan laptop). Beberapa ilmuan ahli syaraf melalui eksperimen bahkan menemukan bahwa mencatat dengan menulis tangan menghasilkan memori yang lebih baik dari pada dengan mengetik. Hal ini dikarenakan menulis tangan melibatkan gerakan motorik yang lebih kompleks sehingga lebih banyak melibatkan kerja otak. Selain itu, mencatat dengan tulisan tangan cenderung memaksa pencatat untuk mengekspresikan ulang apa yang ia dengar, dengan kata lain ia harus merangkum dan mengerti benar apa yang ia catat. (Hlm. 172)

■ Kecantikan adalah semacam "lotere genetik". Beberapa orang terlahir cantik dari sananya. Terlahir cantik adalah di luar kendali seseorang. Sebaliknya, tampil menarik adalah hak semua perempuan. Tidak seperti kecantikan yang untung-untungan, semua perempuan bisa tampil menarik jika memang diniatkan dan mau berusaha. (Hlm. 193)

■ Alpha Girl menjalani gaya hidup aktif, tidak hanya agar sehat dan terlihat menarik, tetapi juga memperkuat fungsi otak dan kemampuan berpikirnya. Karena, di dalam tubuh yang sehat, penyakit dan bego sama-sama menghindar. (Hlm. 203)

■ Alpha Girl menghargai pentingnya tidur. Menjadi sok gagah "kuat tidak tidur" tidak hanya bodoh, tetapi justru perlahan merusak tubuh sendiri. Jangan lupa, tidur yang buruk bisa menambah berat badan dan juga mengganggu fungsi otak. Jangan sampai menjadi bodoh dan kelebihan berat karena meremehkan tidur! (Hlm 205)

Happy reding all:)

0 Comments